DZIKRULLAH ..........

.
Ketahuilah…….bahwa yang dimaksud dengan dzikir bukanlah sekedar dzikir yang diucapkan dengan lisan, melainkan lebih luas dari itu. Tobat adalah dzikir, tafakkur (merenungkan ciptaan Allah) termasuk dzikir, menuntut ilmu adalah dzikir, mencari rezki disertai niat yang baik adalah dzikir, setiap urusan dimana kita senantiasa merasa diawasi Tuhan sehingga kita selalu ingat atas pengawasan-Nya juga merupakan dzikir. Karena itu ……orang yang arif senantiasa berdzikir dalam segala keadaan.
Agar dzikir kita membekas (mempunyai pengaruh) dalam hati, kita harus menjaga adab-adabnya. Kalau tidak, maka yang kita ucapkan hanyalah merupakan ucapan lisan belaka, tanpa sedikitpun membekas di dalam hati.
Berikut ada beberapa adab berdzikir dzikir yang paling penting dan utama kita jaga :
  1. Khusyuk dan mampu menghadirkan makna-makna dzikir itu, mencoba mengambil kesannya, serta memperhatikan maksud dan tujuannya
  2. Merendahkan suara sedapat mungkin, disertai kesadaran yang tinggi dan kemauan yang sempurna, sehingga tidak mengganggu orang lain
  3. Menjaga kebersihan pakaian, tempat serta memperhatikan waktu-waktu yang tepat dan tempat-tempat yang mulia, sehingga akan lebih mendorong bulatnya kemauan, jernihnya hati dan murninya niat
  4. Dilakukan dengan kekhusyukan dan penuh adab serta menjauhi kegaduhan dan main-main yang dapat menghilangkan faedah dzikir dan pengaruhnya.
Apabila kita benar-benar memperhatikan adab-adab ini, niscaya yang kita ucapkan akan bermanfaat dan memberikan bekas (pengaruh) dalam diri, baik yang berupa manis dalam hati, cahaya dalam jiwa, kelapangan dalam dada dan melimpahnya anugerah dari Allah. Insyaallah……… !!!

41 komentar:

Sriayu mengatakan...

Zikir = zikra = ingat. Ingatlah Allah dimanapun 'n dlm kondisi ap pun. In good time or bad time. (Ittaqillaha haitsuma kunta). Indikator org yg slalu zikir adlh sgala prilakunya terpelihara

XXX mengatakan...

Dengan mengingat Allah (Dzikir) maka hati akan tenang, ala bidzikirillah tatmainnul Qulub..

HAPIA Mesir mengatakan...

salah satu cara dzikir yg banyak dilakukan oleh Rosulullah sholallahu alaihi wasallam adalah mendengarkan ilmu/ceramah keagamaan....selain mendapatkan ilmu,,,itu juga termasuk dalam makna "dzikr" yg populer......

Karumbu mengatakan...

terimakasih udah mengingatkan. salam.

Fahmi Rizwansyah mengatakan...

Dzikir itu artinya mengingat. Segala perbuatan yang semata-mata dilakukan karena keikhlasan dan mengingat kepada Allah SWT adalah pengertian dzikir secara luas.
Bahkan dalam berumahtangga, ketika kita menjalaninya dengan penuh kasih-sayang, keikhlasan dan mengharap semata-mata ridha Allah, itupun termasuk dzikrullah.
Thanks for sharing sob...

Cheers, frizzy.

azzalea zie mengatakan...

amin moga aja...do'a2 aku buat para blogger di kabulkan..

Sanur Sukur mengatakan...

penghayatan yang mendalam katanya jauh lebih berbengaruh dari pada ucapan zikir yang banyak tapi terburu buru

m i c c a mengatakan...

dzikir emang bisa menyejukkan hati..........

Pixel mengatakan...

Aku datang ke blog sahabat ...
Blog yang menyejukkan hati ...

diachra mengatakan...

thanks yach..artikel yang bermanfaat.
informative blog...

anggaarie mengatakan...

ngikut aja deh,,,keren2...aku bersyukur bisa berkunjung kesini, jadi dapet tambahan ilmu

tovarossi mengatakan...

setuju sob dengan share-nya, dengan berdzikir akan makin mendekatkan qta pada yang maha kuasa...

wiyono mengatakan...

wah jalan sore-sore, ketemu blog bagus ini, informasi yang kau berikan kepada kami sangat bagus sekali bro...jangan lupa kunjungan balik, sebelum aku pulang kampung bro..ku tunggu sekarang ya

robi mengatakan...

sore2 enaknya nyantai di depan rumah, dan di temanni segelas kopi hangat, sepiring gorengan, and laptop sambil ngblog ria!, and lebih enak nya lagi berkunjung ke blog saya! key cuy!!!
ditunggu kunjungan and komen nya!

robi mengatakan...

dihari senin yang indah ini! saya...robi akan membawakan kehangata di hati para blogger mania semua! salam blogger mania^_^

Recipes mengatakan...

saya berkunjung dan numpang baca2 articlenya mas, salam sukses slalu...

Celebryti mengatakan...

Postingan sangat menarik, Thanks!

Novian mengatakan...

Blogwalking @ afternoon, happy blogging, visit me back ok.

waroengdollar mengatakan...

zikir memang membuat hati tenang

Traditional Music mengatakan...

Zikir adalah obat paling mujarab

ebenk789 mengatakan...

Zikir memang obat penenang jiwa yang ampuh sob :D

Inspirasi Ku mengatakan...

zikir sih memang obat yang paling mujarap!
tp aku lagi ada problem ne pa bisa g' di kasih saran nya????
tolongin ya kasih saran dibog aku!

dj hendry mengatakan...

memang bener sob..zikir membuat kita menjadi dekat dengan ALLAH swt, sang maha mempunyai segalanya..

akhatam mengatakan...

Wah mantep tenan artikelnya.....!

advertisementofmusic mengatakan...

postingan sangat berguna untuk pengetahuan bagi yang awam seperti saya, sekali lagi terima kasih Achi!

Macam2 Tips mengatakan...

alhamdulillah masih ada bloger yang ingat zikir...

argun mengatakan...

hari gini blon bisa dzikir, Apa kata DUNIA.... :-)

multyone mengatakan...

dengan zikir kita lebih dekat pada NYA

Hitsuke mengatakan...

Hello...there...! Nice to meet you,, I'm a blog walking
 
click on

Free Facebook Layout
to visit my blog
 
leave a comment back please...!!!
 
Home Page
 

Naruto 454

tito mengatakan...

artikel yg bgs sob, bwt pencerahan! :)

Gesankart mengatakan...

bila semua dilakukan dengan dzikir hati terasa tenang sob..

Ramdhan mengatakan...

Astaghfirullah... ane emang lagi butuh banyak dzikir lalu bertaubat nih!

nilsyamgustiawan mengatakan...

waduuuhhh sudah ga pernah dzikir lagi sayah :(

musti tobat...

kembali kejalan yang benar...

sujud padamu ya allah ...

Wrigley mengatakan...

hello :)

Raini Munti mengatakan...

stiap hari laa ilaa ha ilallah

Andie Gokil mengatakan...

tenang kalo udah dzikir sob.
:))

Rias Pengantin Ibu Dodi CALL SMS 021-32129007 mengatakan...

Bro , Gud lak ya, jangan lupa kalo mau nikah, mampir dulu ke Rias Pengantin Ibu Dodi Melayani Jabodetabek
Esia 021 96969007 website aku www.ibudodi.com , paket nya lengkap murah dan gak perlu Repot Repot lagi,

salam,
Mas Dhimas - Ibu Dodi
www.ibudodi.com
esia 021 96969007
flexy 021 32129007

Arif Luqman Nadhirin mengatakan...

Tiada obat paling mujarab untuk sakit hati selain dengan berzikir....

Salam kenal mas dr Arif.... n aqw dah follow this blog lho...

Vimax Asli mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat bagi kita semua semoga tambah sukses selalu

Obat Pembesar Penis mengatakan...

salam sukses selalu buat informasinya yang sangat bagus

Seputar Bola Terkini mengatakan...

saya suka kalau postnya tentang keagamaan juragan :)

Poskan Komentar

top