MAKNA SABAR ........

Sabar …….merupakan sifat mulia dan disukai Allah. Dengan kesabaran jiwa seseorang tidak akan lemah dalam menghadapi berbagai bentuk ujian dan cobaan. Sabar dapat membuat seseorang tidak patah semangat dalam menghadapi goncangan dan kesulitan dalam hidup, dan sabar juga merupakan ukuran taqwa dan iman seseorang.

Disisi lain sabar mempunyai dua macam makna ; pertama sabar yang berarti lapang dada dan tabah dalam menghadapi segala kasus, problematika, musibah dan ujian yang menimpa diri, kedua mushabarah yang berarti tabah dan teguh menghadapi persaingan dalam memperjuangkan suatu cita-cita. Disinilah kita diuji apakah kita mampu menghadapi persaingan, teguh mempertahankan prinsip dan lebih tabah dalam menjalaninya

Sabar dapat dibagi dalam tiga hal, yakni ; sabar dalam mengerjakan perintah Allah dan meninggalkan laranganNya, sabar dalam menghadapi dorongan hawa nafsu yang tidak baik serta sabar dalam menghadapi musibah / cobaan yang datang dari Allah. Sabar bukan berarti menyerah / kalah terhadap keadaan yang dihadapi tanpa daya upaya dan kesungguhan, melainkan mengerahkan seluruh kemampuan, daya dan tenaga yang ada untuk menghadapi persaingan, penderitaan dan kepahitan hidup.

Orang yang sabar lebih dapat merasakan ketenangan, keluasan berfikir dan kedalaman menganalisa masalah. Dengan kesabaran seseorang dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan akan segala kerugian yang mungkin menimpa dirinya karena kekeliruan yang tidak diperhitungkan. Selain dari ketenangan, orang yang sabar akan memperoleh banyak teman dan mudah dekat dengan orang lain, sekalipun mereka membencinya.

Akhirnya…… kunci sukses dalam menghadapi segala ujian adalah bersikap sabar dan berpasrah diri pada yang kuasa karena ketentuan segala sesuatu ada di tanganNya…….. ( Innallaaha ma`ashaabiriin )

9 komentar:

Anonim mengatakan...

mudah2an aku termasuk orang yang sabar. dan di sayang Allah salam sob bloger

Tisti Rabbani mengatakan...

sedang berusaha jadi orang yg sabar... :)

Sriayu mengatakan...

Sabar itu unik. Kenapa? Gampang-gampang suse friend. He he he.... Keep in touch

Basri mengatakan...

setuju bro

multyone mengatakan...

Dengan kesabaran segalanya jadi indah

gobang blog mengatakan...

memang susah mau jadi orang sabar banyak sekali godaanya ya mudah aku bs jd orang sabar berkat artikel ini dan ijin dari Yang Maha Kuasa Amin

ronny mengatakan...

nice posting

ilman mengatakan...

Gampang diomongkan tapi sulit untuk dilaksanakan apalagi bagi yang harus ditimpa musibah berturut turut. Mungkin hanya orang yang benar2 berserah diri kepada Allah.

Hilda mengatakan...

Sabar itu emg mdh kt ucpkn,tp sgt2 sulit tu dijalani,bth keimanan yg kuat dan usaha terus-menerus yg kt lakukan untk mnjd orng yg bnr2 sbr....aplg dgn cobaan n masalah yg ad,pst kt mdh marah n kalut...smg aja Allah sll membimbing kt dijlnnya,spy kt bs mmlk jw yg sbr n ikhlas....amin..

Posting Komentar

top