The Power of Love

Kekuatan cinta memang menakjubkan serta dapat merangsang kecerdasan fikiran dan hati. Tanpa cinta manusia tidak bisa hidup bahagia, disamping itu cinta juga penting untuk kesehatan jiwa dan raga kita; sama seperti vitamin, makanan bergizi, olah raga dan lingkungan yang sehat.

Di barat, masyarakat berusaha menciptakan kehidupan yang lebih baik buat semua orang, umpamanya ketersediaan drainase yang baik, air munum bersih, perawatan kesehatan, jaminan sosial masa tua, adanya bantuan khusus bagi ibu-ibu, anak-anak sekolah, rumah jompo, rumah sakit dll.sungguh sebuah struktur negara yang perkasa diciptakan untuk melayani kebutuhan pokok manusia yang bersifat fisik. Tapi, kita tidak menemukan cinta didalamnya (C. Haddon)

Saat ini kita khawatir modernisasi telah membawa kita kepada situasi yang sama. Ekonomi kita ditegakkan atas dasar keuntungan semata, kita tidak lagi tersentuh dengan derita rakyat kecil yang tanahnya digusur, dan pura pura tidak tahu ketika ribuan orang kehilangan mata pencahariannya karena ulah kita. Politik dibangun hanya untuk kekuasaan, kita tusuk kawan seiring, kita kecoh lawan dan kita singkirkan pesaing, semua tanpa belas kasihan. Sistim sosial kita bertopang pada popularitas semata. Sebagai pengganti kasih sayang, kita dewakan kemasyhuran, seperti laron mengejar cahaya, lalu mati sebelum atau sesudah menyentuhnya.

Islam berarti pasrah/berserah diri. Karena apa kita pasrah kepada-Nya …..? Apa karena tuntutan sosial, keuntungan ekonomis atau melarikan diri dari frustasi……? Bila kita berfikir maju dan positif, maka kita pasrah kepada-Nya karena mengharapkan pahala dan ganjaran, dan lebih maju lagi kita berserah diri karena takut siksaan, hukuman dan kekuasaan-Nya. Disisi lain, para filosof pasrah kepada-Nya karena tuntutan akal. Agama itu akal dan tidak ada agama buat orang yang tidak berakal.

Berikut ini, berupa sentuhan cinta Ilahi dalam puisi L.K. Ara, yang berharap dikirim percikan kasih Tuhan untuk menyirami hatinya sehingga bisa membuat kita tulus dan perkasa………. !

“Do`a Orang Buta”

Tuhan…. Berikan sinar kepada mereka yang awas matanya

Tuhan……berikan cahaya kepada mereka

yang memandang dunia dengan mata terbuka

Tuhan ….. kepadaku ……cukup kirimkan saja percik kasih-Mu

tidak untuk membuka mataku tapi untuk menyiram hatiku

0 komentar:

Posting Komentar

top